Rabu, 27 Maret 2013

Pemanfaatan Limbah Pertanian untuk Pakan Ternak


Bogor, Rabu (27/3). Pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak sudah dilakukan di peternakan Diploma Institut Pertanian Bogor (IPB) . “Pemberian limbah pertanian untuk makanan ternak dapat membuat sapi-sapi cepat gemuk. Kami memanfaatkan limbah pertanian dari berbagai kota yang ada di Indonesia.” Kata Mugi, Pekerja Peternakan Sapi Diploma IPB, Rabu (20/3).
Pemanfaatan limbah pertanian sebagai pakan ternak merupakan suatu alternatif bijaksana dalam upaya untuk memenuhi kebutuhan nutrisi bagi ternak. Penggunaan limbah peternakan sebagai pakan ternak sudah diterapkan di peternakan sapi Diploma IPB. Di peternakan ini sudah menggunakan beberapa limbah hasil pertanian untuk pakan ternak seperti kulit singkong, serbuk kelapa, olahan kacang, ampas tahu dan tempe, dan menggunakan air sari tebu.
Metode daur ulang limbah pertanian menjadi konsumsi ternak atau sebagai pakan pengganti, di samping akan bisa memperkecil biaya produksi, juga dapat mengurangi permasalahan lingkungan akibat pencemaran limbah. Kulit singkong, serbuk kelapa, olahan kacang, ampas tahu dan ampas tempe merupakan limbah pertanian yang didapat dari sisa hasil pengolahan. Limbah tersebut banyak yang terbuang sia-sia. Padahal jika diolah kembali, limbah tersebut memiliki banyak manfaat. Seperti peternakan sapi Diploma IPB yang menggunakan limbah pertanian untuk pakan ternak. Limbah pertanian dapat menjadi pakan ternak dengan dihaluskan terlebih dahulu oleh mesin penghalus, sehingga beberapa limbah yang kasar menjadi halus dan dapat menjadi pakan ternak dengan dicampur oleh air sari tebu.
Dalam 2 hari peternakan Diploma IPB menghabiskan 5 karung serbuk kelapa, 25 karung olahan kacang, dan lebih dari 40 karung kulit singkong. Limbah pertanian didapat dari wilayah Jawa Barat dan Jawa Timur. “Kami mendapatkan limbah peternakan dari daerah Cimahi, Bogor, Wonogiri, dan Cirebon. Semuanya dikirim ke Bogor. Untuk olahan kacang saya dapatkan dari kampung halaman saya yaitu di Wonogiri.” Kata Diman, Pekerja Peternakan Sapi Diploma IPB.
Ide awal dari pemberian limbah untuk makan ternak adalah karena banyak sisa-sisa limbah pertanian yang tidak terpakai dan terbuang sia-sia. Maka dari itu dari pihak peternakan sapi Diploma IPB mensiasati agar sisa limbah pertanian dapat bermanfaat yaitu dengan mengolah kembali menjadi pakan ternak. Hal ini sudah diterapkan sejak beberapa tahun belakangan. Selain mengurangi limbah, juga dapat mengurangi pencemaran lingkungan akibat dari sisa-sisa limbah.

1 komentar:

  1. Kereeeeeenn!! Kalau aja seluruh peternakan di Indonesia memberi pakan ternak dari limbah pertanian, bayangkan berapa banyak limbah yang tidak akan terbuang sia sia.

    BalasHapus