Selasa, 12 Maret 2013

Deskripsi Gedung Balaikota Bogor

Balai Kota Bogor
Kota Bogor memang memiliki banyak sekali gedung bersejarah yang kita sendiri belum tentu tahu kapan proses pembangunan gedung tersebut. Salah satunya adalah gedung Balaikota Bogor yang terletak di Jalan Ir. Juanda No.10, Kecamatan Bogor. Menurut salah seorang pekerja, bangunan ini sudah lama berdiri sejak zaman kolonial Belanda.
Bentuk bangunannya pun bergaya Kolonial Belanda yang telah mengalami renovasi dan penggabungan gaya arsitektur Sunda dan Eropa. Setiap tahunnya gedung yang indah ini mengalami perbaikan namun tidak menghilangkan unsur-unsur alami bentuk maupun arsitektur bangunan. Mungkin juga hanya merenovasi yang sudah mengalami kerusakan. Di sekitar gedung Balaikota juga masih tampak jelas terlihat bangunan-bangunan dengan kekhasan gaya arsitektur pada zaman Kolonial, seperti Istana Bogor dan Hotel Salak.
Luas bangunan gedung Balaikota Bogor sekitar 2.639 m². Sedangkan luas bangunannya hanya sekitar 9.060 m². Terlihat dari bagian depan, gedung ini memiliki halaman depan yang sangat luas dengan pintu keluar dan masuk. Gedung yang dibangun sekitar tahun 1868  ini memiliki ciri khas sejak zaman dulu yaitu memiliki cat tembok dengan berwarna putih. Untuk mempertahankan arsitektur alaminya jadi bangunan ini dari tahun ke tahun selalu berwarna putih. Di bagian gedung terdapat tiang-tiang yang berdiri dengan kokohnya hingga nampak sebagai suatu bangunan yang indah nan megah. Atap dari gedung ini terlihat rendah juga tidak tinggi. Pada bagian belakang bangunan terdapat beberapa bangunan baru. Namun, bangunan-bangunan baru tersebut tidak menempel langsung dengan bangunan Balaikota Bogor. Sekarang gedung yang beralamat di Jalan Ir. Juanda No.10, Kecamatan Bogor, ini dimanfaatkan pengguanaannya sebagai Kantor Walikota Bogor.
Di dalam gedung ini lebih tampak jelas terlihat gaya kolonial zaman dulu. Banyak kursi dan meja yang terbuat dari bahan dasar kayu. Di langit-langit pun banyak lampu yang menggantung. Di sekitar dinding bangunan terdapat beberapa hiasan dinding yang sudah tua usianya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar